Belajar Mengenal Dhelpi 7 Sebelum Membuat Program

Tutorial ini adalah Tutorial Dasar untuk membangun sebuah Aplikasi Program yang Saya Buat dan saya tujukan untuk yang benar-benar ingin mengetahui dan ingin belajar membuat atau membangun sebuah Program Aplikasi Software tanpa harus kursus atau belajar di bangku kuliah sesuai dengan angan-angan dan juga keinginan hati para blogger yang belum mengetahui bagaimana cara pembuatan sebuah Program Aplikasi Software.

Banyak memang Tutorial Dasar bagaimana membuat sebuah aplikasi Program yang telah di buat sebelum nya Oleh Para Master Programmer pada Blog-blog mereka,tapi apa salah nya kalo saya juga ikut Share untuk para blogger lain nya yang ingin belajar dan mengetahui  sedikit mengenai bagaimana cara Pembuatan sebuah Aplikasi Program Software.

Setelah pada Tutorial sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat Aplikasi Program pada Visual Basic 6,kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara pembuatan sebuah Program Aplikasi dengan Delphi 7.

Oke Guys,kalo gitu kita langsung saja kepada Tutorial nya bagaimana membuat Sebuah Aplikasi Program dengan Delphi 7.. Cekidot..!!


Gambar Di atas adalah Tampilan awal Delphi 7 setelah kita "Run" program nya,untuk mengawali pembuatan sebuah Form untuk Program nya,klick "File-Aplication" lalu klick tombol "Yes",kemudian Buat nama file sesuai dengan keinginan anda.
(Nama File Tidak bisa di spasi,minimal di Underscore),perhatikan gambar di bawah ini.


Oke Guys.. Setelah anda membuat nama file nya,kemudian akan tampil windows baru pada Delphi 7 seperti pada gambar di bawah ini.


Lalu pada tampilan Form.silahkan anda buat dahulu beberapa komponen dari tab-tab komponen yang tersedia di atas Form,seperti pada gambar di bawah ini :


Tidak perlu banyak untuk menempatkan beberapa komponen yang terdapat pada tab komponen,cukup beberapa komponen saja seperti Label atau Button saja yang terdapat pada Tab Standard sudah cukup untuk mencoba melihat hasil dari Program yang sobat buat.

Letak kan Label pada Tab Standard di Form anda,kemudian ganti Caption nya menjadi Judul Form anda seperti : "Program Aplikasi Percobaan"
lalu letak kan Button-button pada form anda,ganti Caption nya dengan nama : "Simpan Data" - "Edit Data" -  "Hapus Dara" - "Cari Data" - "Keluar Program" atau apa saja terserah anda.

Setelah anda buat Label dan button-button nya,kemudian anda coba "Run" aplikasi Program yang Anda Buat,maka akan terlihat hasil jadi nanti nya seperti yang anda ingin kan,tampak seperti pada gambar di bawah ini setelah program tersebut di atas di "Run" aplikasi nya.


Jika anda menemui kendala atau masalah Di saat Program nya anda "Run" seperti pada gambar di bawah ini,silahkan anda Lihat cara mengatasi nya di sini




Oke Sobat Blogger,demikian sedikit mengenai pengenalan Program Delphi 7 bagaimana kita mengawali membuat atau membangun Program aplikasi lain nya dengan Delphi 7,seperti "Program Kasir Penjualan,Program Kasir Supermarket,Program Pendataan Barang,Program Perpustakaan,Program Data Siswa",dan juga yang lain nya,nanti akan saya buatkan Tutorial nya,untuk sementara pelajari dahulu dasar nya,setelah itu baru ke tingkat berikutnya.

Untuk Muya Devoteeshonesty kekasih blogger ku..Huahaha.. (Just Kidding Muy).

seperti itulah kalo kita ingin mengawali pembuatan sebuah Program dalam Delphi 7, dan itupun kalo kita mau mengenal Delphi 7 dalam membuat sebuah Program Aplikasi,sama hal nya pada Visual Basic atau Visual Studio 2010,cuma kalo di Delphi 7 sudah lebih mutakhir fitur-fitur nya di bandingkan dengan Visual Foxpro atau Visual Basic 6.

Demikianlah yang dapat saya share,kurang lebih nya mohon maaf,walaupun cuma sekedar nya,mudah2an bermanfaat untuk sobat sekalian.. thank's For Your Visit.. Salam Blogger.

Popular Posts