Membuat Program Software Spp Sekolah

Oke Sobat Blogger,sebelum kalian memulai membuat sebuah Program Software,ada baik nya kalian atur terlebih dahulu setingan koneksi pada Program Visual basic 6 guna menampilkan file database yang akan kalian tampilkan pada Form Program yang kalian buat yang file nya kalian buat pada MySQL.

Kalau setingan yang biasa saya pakai untuk mengkoneksikan database dari MySQL adalah sebagai berikut seperti pada Gambar di bawah ini.


Untuk kali ini saya akan mengulas mengenai,bagaimana membuat Program Spp Sekolah yang pernah saya buat,tampak model program seperti pada gambar di bawah ini.


Untuk Form-form tambahan nya saya buat seperti pada gambar di bawah ini.



dan untuk codingan menampilkan Database serta tabel dan Fields-fields nya adalah sebagai berikut.

Private con As ADODB.Connection
Private RSdata As ADODB.Recordset

Sub Koneksi()
    Set con = New ADODB.Connection
    Set RSdata = New ADODB.Recordset
    con.Open "Driver={MySQL ODBC 5.1 Driver};server=localhost;database=Nm_database;uid=root;pwd=****;"
End Sub

Public Sub dtgrid()
Set RSdata = New ADODB.Recordset
    RSdata.ActiveConnection = con
    RSdata.CursorLocation = adUseClient
    RSdata.CursorType = adOpenDynamic
    RSdata.LockType = adLockOptimistic
    RSdata.Source = "SELECT * FROM Nm_database"
    RSdata.Open
End Sub

Call Koneksi    'Membuka Koneksi
    con.CursorLocation = adUseClient
    RSdata.Open "SELECT `nm_fields`, `
nm_fields`, `nm_fields`, `nm_fields` FROM `nm_tabel` ORDER BY  `nm_fields` ASC ", con
    Set DataGrid1.DataSource = RSdata.DataSource
With DataGrid1
end with
end sub

Nah.. Seperti itulah sedikit ulasan dari saya mengenai bagaimana Pembuatan Program Software Spp Sekolah,untuk Codingan yang lain nya jika menemui kendala,silahkan tanyakan kepada saya,baik melalui komentar dalam Postingan ini,atau melalui email saya.

Demikianlah yang dapat saya Share,semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan blogger sekalian,atas kunjungan nya saya haturkan terima kasih.

Popular Posts