Membuat Tabel & Fields-fields atau Kolom Pada Database MySQL

Sebelum anda membuat Tabel baru pada Databases yang telah anda buat,jika anda ingin membuat Tabel baru tersebut menggunakan Command Prompt MySQL,maka hendak nya Tampilkan dahulu Database yang ingin di buat Tabel serta Field-fields tersebut.

gunakan lah perintah seperti di bawah ini:
mysql>show databases ; (lalu tekan enter)
maka akan nampak tampilan seperti pada gambar di bawah ini :

kemudian seteah perintah tersebut di atas,lalu anda pilih Database yang ingin anda buat Tabel beserta dengan Fields-fields kolom nya,di sini saya memilih Database dengan nama file "Dtbarang",jadi perintah nya seperti di bawah ini sebelum di buatkan tabel pada Database "Dtbarang" tersebut.

mysql>use dtbarang ; (lalu tekan enter)

Setelah melakukan perintah tersebut di atas,barulah kita dapat membuat Tabel dan juga fields-fields pada databases baru yag hendak kita buat Tabel dan juga Fields-fields nya.

Perintah yang di gunakan untuk membuat tabel dan Fields-fields kolom adalah sebagai berikut : 

mysql>create table dtbarang (kd_brang Varchar (10),nm_brang Varchar (20),jnis_brang Varchar (10),hrga_beli Varchar (8),kemasan Varchar (10),hrga_jual Varchar (8));  (lalu tekan enter) 

 perhatikan seperti pada gambar di bawah ini :


Jika hasil enter nya seperti pada tampilan gambar di atas,berarti Tabel serta fields-fields dalam Database tersebut sudah di buat,lalu untuk melihat hasilnya,gunakan perintah seperti di bawah ini :

mysql>show tables ; (lalu tekan enter),maka hasil nya akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.



Kemudian untuk melihat fields-fields atau kolom-kolom yang sudah di buat tadi,gunakan perintah: mysql>Describe dtbrang ; (lalu tekan enter) maka hasilnya akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.


Okelah brother Blogger,sampai di sini dulu tutorial MySQL nya,nanti kita lanjut lagi ke Session berikut nya,ke Session City atau Ke Session mana.. Terserah.. yang penting bisa menambah pembendaharaan Ilmu dan pengetahuan.

Untuk pembuatan Tabel dan Fields-fields atau kolom kolom pada LocalHost/PhpMyAdmin nya,silahkan anda lihat sendiri saja Gambar nya di bawah ini,tidak perlu saya jelaskan secara detail cara Pembuatan nya,tangan saya sudah capek mengetik dalam Postingan ini,mana Perut saya lapar lagi,hadeeeh... Lelah..

Oke Gan.. Cekidot gambar nya di bawah ini.




Gimana Gan.. Yu Andersten..? Ai hop yu andersten.. hehehe..

Akhir kata.. tetap salam slalu dari saya untuk para blogger semua,semoga ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat dan berguna bagi yang lain nya,itulah yang namanya ilmu yang berkah,karena kita Ikhlas memberi nya,dan menerima nya juga ikhlas walau masih banyak kekurangan.

Keep Up Smile... Hehehe..

Popular Posts